Politik    Bisnis    Kecantikan    Teknologi    Musik    Kuliner    Tips Dan Trik    Game    Flora    Fauna    Download   
Home » , » 5 Fakta Menarik Mumi Papua

5 Fakta Menarik Mumi Papua

Posted by Dunia Informasi Kita on Wednesday 2 March 2016

5 Fakta Menarik Mumi Papua


Mumi Di Papua

Banyak Orang yang belum tahu mungkin beranggapan kalau mumi itu cuma ada di Mesir, tapi tunggu dulu, Indonesia juga punya lho. Mumi Indonesia ini adanya di Provinsi Papua.

Memang tidak persis seperti mumi Mesir yang sering kita lihat di film-film, namun justru itulah ciri khasnya Mumi khas Indonesia. nah ternyata ada fakta menarik nih tentang Mumi Indonesia yang ada di Papua ini. Simak saja yuk
 Inilah 5 Fakta Menarik Mumi Papua :


1. Ada 6 mumi Papua di Wamena

Ada kurang lebih 6 mumi yg ada di Wamena, ialah di Distrik Kurulu & Distrik Asolagaima. Mumi Papua tak disimpan di museum, melainkan ditaruh di hunian Honai & disakralkan. Hunian Honai sendiri yakni hunian adat suku Dani yg menempati wilayah Wamena.

2. Umurnya 300 tahun

Mumi-mumi di Wamena diperkirakan umurnya mencapai beberapa ratus th. Salah satu mumi di Distrik Asolagaima diyakini berusia 300 th. Asal tahu saja, mumi-mumi Papua ini dulunya merupakan para panglima perang atau kepala suku. Bukan orang sembarangan!


3. Mumi Papua berwarna hitam dan posisinya duduk

Mumi Papua posisinya tak tidur telentang, melainkan seperti sedang duduk & menatap ke langit. Mulutnya tampak menganga. Ke-2 tangannya memegang masing-masing ke-2 lututnya. Mungkin Saja, tidak sedikit visitor yg bulu kuduknya bergidik disaat menyaksikan mumi yg berwarna hitam ini. Walaupun tak diperban seperti mumi-mumi di Mesir, Mumi papua nyatanya menggenakan ikat kepala & koteka. Itu ialah baju tradisi mereka yg mana juga ikut dimumikan.


4. Proses menjadikan mumi

Proses menjadikan jenazah ke mumi di Wamena memakan waktu yg lama. Mula-mula, jenazah dijemur & dikeringkan di gua dengan syarat mesti dilakukan pihak keluarga. Syarat yang lain ialah orang yg mengawetkan jenazah tersebut tak boleh minum air putih, makan tebu & ubi bakar tidak dengan dicuci. selanjutnya, jenazah diletakan diatas api seterusnya ditusuk dgn tulang babi. Ini bertujuan buat membuang lemak yg ada di dalam badan jenazah. Apabila diperhatikan telah banyak bagian-bagian badan mumi Papua yg terkelupas.


5. Pembawa keberkahan

Ada kenyataan menarik berkaitan mumi Papua, Sebelum para panglima atau kepala suku wafat, mereka nyatanya berpesan pada penduduk di lokasi tinggalnya buat diawetkan jadi mumi. Mereka berpesan seperti itu sebab percaya, mereka yg nantinya jadi mumi dapat mengambil keberkahan bagi penduduk setempat. Jelas saja, sekarang ini mumi Papua menjadi salah satu sumber pendapatan dikarenakan wisatawan yg ingin memotretnya mesti merogoh kocek. Tarifnya tergantung tawaran Anda


Nah itulah tadi 5 Fakta Menarik Mumi Papua.. yang ingin berkunjung dan melihat lihat mumi papua siapkan kocek yang dalam ya..





SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

Yuk Berikan Opini Mu disini

 
Copyright © 2015 Dunia Informasi Kita. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger